Minggu, 31 Agustus 2008

Constructivism

Vladimir Tatlin
Kontruktivisme pertama kali diciptakan di Russia pada 1913 saat perupa Russia, Vladimir Tatlin, saat perjalannanya ke Paris menemukan karya Braque dan Picasso. Saat Tatlin kembali ke Rusia, ia mulai membuat pahatan tanpa bantuan ari orang lain, tapi ia tak menyertakan referensi apapun yang mengacu pada tema dari subjek itu. Karya-karya ini akan menandai kelahiran kontruktivisme. Nama Konstruktivisme tidak menjelaskan pada satu pergerakan tetap tapi lebih pada kecenderungan (trend) di dalam bidang lukisan, patung dan khususnya kedekatan seniamn dan seni mereka dengan produksi mesin, arsitektur dan seni terapan.Seni konstruktivisme mangacu pada konstruksi, pahatan dan lukisan yang optimis dan tak mewakili apapun. Seniman tidak percaya pada ide yang abstrak, melainkan mereka mencoba untuk menghubungkan seni dengan ide yang nyata dan konkrit. Pergerakan seni awal sekitar Perang Dunia I bersifat idealis, mencari ordo baru di dalam seni dan arsitektur yang berurusan dengan masalah ekonomi dan sosial. Mereka ingin memperbaharui ide bahwa puncak dari sebuah hasil karya tidaklah berkisar diantara “seni murni” tapi lebih menekankan bahwa hasil karya yang tak ternilai seringkali dapat ditemui di dalam nuansa “seni praktis” dan melalu penggambaran manusia dan mekanisasi menuju satu program estetis.Konstruktivisme adalah hasil penemuan dari Avant-Garde Russia yang menemukan pengikut di seluruh wilayah. Para senimannya biasanya terdiri dari Orang-orang Russia muda yang melakukan ide mengenai seni modern menurut cara mereka. Mereka menggambarkan seni sebagai sesuatu yang lebih sering bersifat tiga-dimensional, dan seni yang mampu dihubungkan pada paham protelar mereka.
Teori Konstruktivisme diperoleh dari Suprematisme Rusia, De Stijl Belanda dan Bauhaus Jerman. Jerman merupakan tempat kegiatan Konstruktivisme terbanyak di luar Uni soviet setelah Bauhaus Walter Grophius, sebuah seni progresif dan sekolah desain yang simpatik terhadap pergerakan tersebut, sama seperti pusat2 seni lainnya dan akhirnya Amerika serikat.
Vladimir Tatlin, “Monument to the third international” 1920.

KETERLIBATAN DENGAN REVOLUSI

Poster Agitprop oleh Mayakovsky
Dengan keterlibatan mereka dalam desain bagi industri, Konstruktivisme mengerjakan berbagai festifal umum dan desain jalanan bagi pemerintah Bolshevik paska revolusi Oktober. Mungkin yang paling terkenal diantara karya-karya ini ada si Vitebsk, nimana Gruo UNOVIS milik Malevich mengecat plaq dan bangunan untuk propaganda (yang paling terkenal adalah poster Beat the Whites with the Red Wedge dari El Lissitzky (1919)).Terinspirasi dari deklarasi Vladimir Mayakovsky “Jalanan adalah kuas kami, alun-alun adalah palet kami”, seniman dan desainer berpartisipasi dalam kehidupan publik selama Perang Sipil. Contoh yang menonjol adalah proposal festival untuk Kongress Komitern pada 1921 oleh Aleksander Vesnin dan Liubov Popova, yang menyerupai kostruksi ekshibisi OBMOKhU dan juga karya teaterikal mereka. Ada kesenjangan yang besar pada periode ini antara Konstruktivisme dan Proletkult. Sebagai tambahan, beberapa konstruktivist terlibat sangat dalam dengan ‘ROSTA windows’, kampanye informasi umum milik Bolshevik sekitar 1920. Beberapa tokoh yang terlibat adalah penyair-pelukis Vladimir Mayakovsky dan Vladimir Lebedev.

PENGARUH KONSTRUKTIVISME
Konstruktivisme besar pengaruhnya pada dunia seni Russia pada masa-masa awal berdirinya Uni Sovyet. Pada 1921, saat Uni Soviet mencoba untuk memasukkan sistim kapitalisme negara secara terbatas pada ekonominya. Vladimir Mayakovsky dan Rodchenko bekerja sama dan menyebut mereka “Advertising Constructors”. Mereka membuat image yang menarik perhatian, dimana di dalamnya terkandung warna-warna cerah, bentuk geometrik, dan lettering yang tebal. Desain-desain ini kebanyakan dipakai sebagai iklan departement store milik negara, Mosselprom di Moskow.

Sebuah Advertising Constructor

Foto Montage oleh Tatlin tentang desain bajunya

Beberapa seniman, seperti Varvara Stephanova, Tatlin dan Rodchenko mendesain pakaian berdasarkan konstruktivisme ini. Sayangnya, overall pekerja karya Tatlin dan Rodchenko tak pernah diproduksi massal.

Poster oleh Gustav Klutsis, 1930

“Long live the worldwide October”, 1933
Konstruktivisme juga adalah pionir dari tekhnik montage foto. ‘Dynamic City’ dan ‘Lenin and Electrification’ (1919-20) karya Gustav Klutsis adalah contoh pertama dari montage, yang juga mengispirasi karya serupa dari aliran Dadaisme.Selain montage foto, Konstruktivisme juga mempopulerkan gaya fotografi yang berbeda, memakai sudut yang bergerigi, bersama dengan penggunaan cahaya yang kontras dan abstrak.

Tidak ada komentar: