Minggu, 31 Agustus 2008

Futurism



- Sejarah Furturism
Berasal dari Negara Italia tahun 1909Di dirikan oleh Filipo Maribetti, seorang sastrawan yang mendapat inspirasi dari kehidupan yang berubah menjadi modern berkat tekni mesin.
Futurism adalah suatu seni yang dimana menangkap unsur gerak dan kecepatan kedalam lukisan dengan memanfaatkan prinsip aneka tampak (multiviewprint). Futurism termasuk aliran seni yang mendukung perkembangan tipografi sebagai unsur ekspresi dalam desain sehingga banyak penyair futurism yang menmanfaatkan tipografi sebagai bagian dari ungkapan perasaan dalam berpuisi.
Futurism merupakan gejala dari era modern yang tidak hanya berkisar di bidang sastra tapi juga politik. Futurism merupakan era seni pertama abad ini yang menjadi ideology, tenaga, bakat dan mengubahnya untuk mencapai suatu tujuan dari pada memajukan seni artistik atau perseorangan. Gerakan futurism tidak melewati rentenan karya-karya seperti yang dilakukan gerakkan lain.
Filipo Tommaso Marinetti
Marinetti adalah seorang pengacara dan seorang seniman yang mempunyai perhatian pada sastra. Sesudah lulus dari S1, dia mulai menerbitkan majalah sastra kontroversial, “Poesia”. Majalah ini membahas sesuai dengan citra Marinetti berkisar tentang masalah statis dan mengungkapkan hasrat untuk masyarakat baru dan inovatif. Cita-cita majalah Marinetti antara lain menghasut aktivisme politik, yang tertekan oleh kerajaan King Victor Emmanuel III.
Marinetti memusatkan seluruh kegetirannya kepada Raja dan mendesak warganegara Itali untuk menyanggah perlakuan kejam yang mereka alami. Dia juga mengusulkan bahwa Itali sebaiknya menjadi seorang anggota yang European Community dan menyalahkan raja atas ketidakmampuan Itali untuk menjadi negara utama di Eropa, sewaktu Eropa sering dikuasai oleh negara Inggris yang lebih kuat dari Jerman.
Sewaktu Marinetti memperkembangkan filsafat artistiknya dan kemampuan jurnalistiknya, dia memahami adanya keperluan untuk menyusun kepercayaannya di semacam doktrin. Sehelai koran Paris Le Figaro menerbitkan The Founding Marinetti dan Manifesto of Futurism pada 20 Juli, 1909.
Di manifesto ini, Marinetti berasal masa “Futurism”, yang memantulkan tekanannya dan membuang seni statis dan tak penting dimasa lalu dan pergolakan, keaslian, dan daya cipta di seni, kebudayaan, dan masyarakat. Manifesto Marinetti juga menyatakan pentingnya teknologi baru, secara khas mobil, karena kekuasaan dan keruwetannya. Dia menyemangati ketidaksetujuan terhadap demonstrasi dan menolak politik ortodoks dan kerusakan lembaga seperti museum dan perpustakaan. Bentuk dari manifesto mereka seharusnya menimbulkan perhatian untuk Marinett. Oleh karena itu, dia mendesain secara istimewa untuk mengadakan diskusi dan tindakan.
Manifesto agresif Marinetti menyebabkan Itali yang majuke abad kedua puluh. Pandangannya terhadap politik adalah agar orang mempunyai visi artistic dalam pemikiran untuk membuat permintaan umum kepada masyarakat yang berpikir maju.Banyak seniman yang terobsesi dengan Marinetti yang menyatakan bahwa orang lain hanya di jiwa. Beberapa seniman tersebut menunjukkan bahwa pernyataan Marinetti tersebut bukan berarti apa-apa dalam pergerakanbaru futurisem. Walaupun kemugkinan sebenarnya tidak membujuk pengikutnya untuk melakukan konsep yang ada. Manifesto of Futurism berkembang dengan pesat. Dan dalam perdalaman Itali muali terjai aksi protes. Dengan mengadakan pertemuan, memberi pidato dengan cara demonstrasi untuk memajukan posisi politik mereka.
African Campaign, yang dilawan pada 1911. Kampanye ini memenangkan Itali lebih banyak tanah dan tenaga dan sehingga menjadi seorang pemain Eropa yang lebih penting. Masyarakat eropa mengatakan perasaan atas ketidak-senangan terhadap posisi Futurism yaitu Sosialis dan orang Katolik, yang masih di berada di posisi pemerintah.Marinetti menunjukkan usaha politiknya untuk memperoleh kembali tanah di bagian utara Itali yang sudah dituntut oleh Austria. Dan pada 1915, Itali memenangkan kembali hak-hak ke kebanyakan wilayah utara ini. Ketika perang dunia pertama selesai, beberapa dari mereka, seperti Luigi Russolo, menjadi perwira di tentara dan menjadi tentara yang sangat bangga. Di akhir perang, Futurism kembali memromosi dan memberikan kepada mereka filsafat agar mereka berpikir yang lebih maju.
Benito Mussolini
Dia merupakan politikus yang aktif dalam Futurism selama tahun 1918 sampai 1920. Setelah re-integrasi berhasil mendapatkan posisi di dalam masyarakat Futurism, Mussolini mempergunakan pengaruh politiknya untuk mendiamkan mereka. Membuang Futurists dalam bidang politik sangat disayangkan dan membaut mereka sendiri terjun langsung dan untuk aktivis di politik. Tindakan artistik gerak-gerik Futurist ini membuat kebudayaan ini berkembang.
Sesudah menulis Yayasan dan Manifesto Futurism, Marinetti menjadi pemimpin de fakto gerak-gerik Futurist dan yang paling kaut adalah dokrin yang menyatakan bahwa semua ajaran futurism yang diganti secara belaka untuk menggemakan bahasa dan gaya tulisan retaknya yang tumbuk.
- Beberapa karya futurism:

Adityawan, Aries. Tinjauan Design dari Revolusi Industri sampai posmodern. Halaman 37. 1999.UPT Penerbitan Tarumanegara. Jakartawww.ibiblio.org/wm/paint/glo/futurismwww.artchive.com/artchive/futurism.htmlen.wikipedia.org/wiki/Futurism_(art)

Tidak ada komentar: